1.Teks Asli
2. Reproduksi Bacaan
Nama : Siti Arnisyah
ABSTRAK
PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI
PEMBELAJARAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER
(NHT)
DALAM MENINGKATKAN
KEAKTIFAN SISWA DAN
HASIL BELAJAR MATEMATIKA
(PTK di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009)
Linda Herliana Sari, A 410 050 230, Jurusan
Pendidikan Matematika,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Muhammadiyah Surakarta, 2009, 89 halaman
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui peningkatan keaktifan siswa
dalam proses pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran
tipe NHT dengan pendekatan kontekstual. 2) mengetahui peningkatan hasil belajar
siswa melalui penerapan strategi
pembelajaran tipe NHT dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang meliputi observasi dan
tes tertulis serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, wawancara dan
dokumetasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara
deskriptif kualitatif dengan metode alur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) penerapan pendekatan kontekstual dengan strategi
pembelajaran tipe NHT dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika,
(a) keaktifan siswa dalam bertanya mengalami peningkatan sebesar 25,93%, (b)
keaktifan siswa berinteraksi dalam kelompok mengalami peningkatan sebesar
40,41%, (c) keaktifan siswa dalam menjawab atau memberikan tanggapan mengalami
peningkatan sebesar19,59%, (d) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal di depan
kelas mengalami peningkatan sebesar 19,22%, dan (e) keaktifan siswa dalam
mengerjakan soal diskusi di buku catatan mengalami peningkatan sebesar 25,10%. 2)
penerapan pendekatan kontekstual dengan
strategi pembelajaran tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar matematika yang
ditunjukan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar dan nilai
rata-rata siswa. Ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 57,58% dan
nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 10,54%.
Kata Kunci : pendekatan kontekstual, Numbered Head Together, keaktifan, hasil belajar
2. Reproduksi Bacaan
Nama : Siti Arnisyah
Nim : A310110138
KELAS : II C
Alamat Blog : www. Starnisyah.blogspot.com
Email : arnisyahsiti@yahoo.co.id
PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI
PEMBELAJARAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)
DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN
HASIL BELAJAR MATEMATIKA
(PTK di SMP
Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009)
Linda Herliana
Sari, A 410 050 230, Jurusan Pendidikan Matematika,
Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Muhammadiyah
Surakarta, 2009, 89 halaman
Dalam penelitian yang
berjudul “Penerapan Pendekatan Kontekstual Dengan Strategi Pembelajaran Tipe Numbered Head Together (Nht) Dalam
Meningkatkan Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar Matematika (Ptk Di Smp Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran
2008/2009)” penulis bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam proses
pembelajaran matematika melalui penerapan pendekatan kontekstual dengan
strategi pembelajaran tipe
Numbered Head Together (Nht) dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui
penerapan pendekatan kontekstual dengan strategi pembelajaran tipe NHT.
Metode penelitian yang digunakan penulis adalah PTK atau penelitian tindak
kelas. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu penerapan pendekatan
kontekstual dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini
dilakukan melalui proses kolaborasi antara guru matematika, kepala sekolah, dan
peneliti. Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan informasi tindakan yang
tepat untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar matematika siswa
kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Dari penelitian yang
di lakukan maka dapat di simpulkan bahwa, a) keaktifan siswa yang bertanya
mengalami kenaikan sebesar 25,93%, b) keaktifan siswa berinteraksi dalam dalam
kelompok mengalami peningkata sebesar 40,41%, c) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan mengalami
peningkatan sebesar 1959%, d) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal di depan
kelas mengalami peningkatan sebesar 47.02%, e) keaktifan siswa dalam mengerjakan
soal di buku catatan mengalami peningkatan sebesar 25,10%. Sedangkan siswa yang
mencapai ketuntasan hasil belajar mencapai 57,58% dan siswa yang memperoleh
nilai rata-rata sebesar 10,53%.
Kata kunci: Numbered Head Together, Keaktifan Siswa,
pendekatan kontekstual, hasil belajar.
*pada hasil penelitian, itu berdasarkan hasil perhitungan saya dari tabelhasil penelitian jadi bukan dari abstrak aslinya.
*pada hasil penelitian, itu berdasarkan hasil perhitungan saya dari tabelhasil penelitian jadi bukan dari abstrak aslinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar