Option

Sabtu, 09 Juni 2012

TUGAS MEMBACA KOMPREHENSIF


1.Teks Asli
    
ABSTRAK

PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)
 DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN
HASIL BELAJAR MATEMATIKA
 (PTK di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009)

Linda Herliana Sari, A 410 050 230, Jurusan Pendidikan Matematika,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Muhammadiyah Surakarta, 2009, 89 halaman

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran tipe NHT dengan pendekatan kontekstual. 2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran tipe NHT dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang meliputi observasi dan tes tertulis serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, wawancara dan dokumetasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) penerapan pendekatan kontekstual dengan strategi pembelajaran tipe NHT dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika, (a) keaktifan siswa dalam bertanya mengalami peningkatan sebesar 25,93%, (b) keaktifan siswa berinteraksi dalam kelompok mengalami peningkatan sebesar 40,41%, (c) keaktifan siswa dalam menjawab atau memberikan tanggapan mengalami peningkatan sebesar19,59%, (d) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas mengalami peningkatan sebesar 19,22%, dan (e) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal diskusi di buku catatan mengalami peningkatan sebesar 25,10%. 2) penerapan pendekatan kontekstual dengan strategi pembelajaran tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar matematika yang ditunjukan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar dan nilai rata-rata siswa. Ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 57,58% dan nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 10,54%.


Kata Kunci : pendekatan kontekstual, Numbered Head Together, keaktifan, hasil belajar



 2. Reproduksi Bacaan

Nama : Siti Arnisyah
Nim : A310110138
KELAS : II C
Alamat Blog : www. Starnisyah.blogspot.com
Email : arnisyahsiti@yahoo.co.id

ABSTRAK

PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI
 PEMBELAJARAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)
DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN
HASIL BELAJAR MATEMATIKA
(PTK di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009)
Linda Herliana Sari, A 410 050 230, Jurusan Pendidikan Matematika,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Muhammadiyah Surakarta, 2009, 89 halaman

Dalam penelitian yang berjudul “Penerapan Pendekatan Kontekstual Dengan Strategi Pembelajaran Tipe Numbered Head Together (Nht) Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar Matematika (Ptk Di Smp Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009)” penulis bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran matematika melalui penerapan pendekatan kontekstual dengan strategi pembelajaran tipe Numbered Head Together (Nht) dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan kontekstual dengan strategi pembelajaran tipe NHT. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah PTK atau penelitian tindak kelas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu penerapan pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini dilakukan melalui proses kolaborasi antara guru matematika, kepala sekolah, dan peneliti. Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan informasi tindakan yang tepat untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Dari penelitian yang di lakukan maka dapat di simpulkan bahwa, a) keaktifan siswa yang bertanya mengalami kenaikan sebesar 25,93%, b) keaktifan siswa berinteraksi dalam dalam kelompok mengalami peningkata sebesar 40,41%, c) keaktifan siswa  dalam menjawab pertanyaan mengalami peningkatan sebesar 1959%, d) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas mengalami peningkatan sebesar 47.02%, e) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal di buku catatan mengalami peningkatan sebesar 25,10%. Sedangkan siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar mencapai 57,58% dan siswa yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 10,53%.
Kata kunci: Numbered Head Together, Keaktifan Siswa, pendekatan kontekstual, hasil belajar.
*pada hasil penelitian, itu berdasarkan hasil perhitungan saya dari tabelhasil penelitian jadi bukan dari abstrak aslinya.